Selasa, 24 Desember 2013

Orang Indonesia Pertama Terbang Ke Luar Angkasa

Orang Indonesia Pertama Terbang Ke Luar Angkasa
 
Jakarta - Seorang traveler bernama Rizman akan menjadi orang Indonesia pertama yang akan terbang ke luar angkasa. Bukan tanpa alasan, ia pun menang karena beberapa sebab. Apa saja?

Setelah berhasil menyisihkan 82.000 peserta dari Indonesia, akhirnya Rizman A Nugraha menjadi satu dari 3 pemenang AXE Apollo Space Academy untuk lanjut ke Kennedy Space Centre di Florida, AS bersama 24 orang lain dari seluruh dunia. Setelah itu, ia pun mendapati dirinya menjadi 1 dari 24 pemenang yang akan berhasil traveling ke luar angkasa.

Rizman sama sekali tidak punya pengalaman atau latar belakang dengan luar angkasa. Namun, dirinya berhasil menjadi pemenang. Kira-kira apa rahasianya?

"Yang penting, saya memberikan yang terbaik, melakukan segalanya dengan semaksimal mungkin," kata Rizman kepada detikTravel dalam wawancara eksklusif di Pho24, Jakarta Selatan, Senin (23/12/2013).

Tantangannya antara lain fisik dan mental. Saat tantangan fisik, Rizman memang bukan yang terkuat, karena lawannya adalah orang luar negeri yang lebih besar dan kuat dari dirinya. Namun, ia mengakui, meski sangat sulit, ia selalu menyelesaikan semua tantangan.

Salah satu yang paling menantang adalah melawan gravitasi dengan menaiki pesawat Air Combat USA. Di sana, akan dinilai bagaimana tingkah dan sikap sang peserta. Selain akan dinilai oleh pilotnya, para peserta juga akan dinilai melalui kamera yang dipasang di dalam pesawat untuk merekam sikap para peserta selama terbang.

"Kalau takut, atau stres akan terlihat dari kamera juga dari sang pilot. Saya mencoba menikmati semua tantangan itu dengan maksimal," lanjut Rizman.

Saat menang, salah satu komentar yang keluar adalah mengenai ekspresi Rizman yang terlihat senang dan menikmati momen di Air Combat USA. Dengan senyum simpul, Rizman mengiyakan ia memang berusaha menikmati semua itu.

Hasilnya pun bisa dilihat saat ini. Rizman menjadi salah satu pemenang yang akan pergi ke luar angkasa. Malah, ia jadi orang Indonesia pertama yang ke luar angkasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar