Rabu, 26 Desember 2012

Si Misterius “Sumohadi” dalam Film Habibie & Ainun

Si Misterius “Sumohadi” dalam Film Habibie & Ainun
Dalam Film ” Habibie & Ainun” ada tokoh antagonis bernama Sumohadi seorang pengusaha besi, dalam film itu Sumohadi memakai kaca mata bulat. Sumohadi dalam sebuah adegan di film tersebut menyuruh  ajudannya untuk meminta cetak biru pembuatan pesawat, namun ditolak oleh Habiebie walau disertai ancaman.
“Siapa yang bisa bertanggungjawab kalau rancangan tersebut tersebar luas?”Tanya habibie. Tidak berhenti sampai disitu, Sumohadi terus melakukan pendekatan kepada habibie walau habibie sudah menjadi menteri. Sumohadi mengirimkan cendera mata berupa parcel yang didalamnya terdapat dua arloji emas yang dimasukkan dalam kotak biru.
Ainun yang tidak berkenan dengan semua itu meminta habibie untuk mengembalikannya kepada Sumohadi.  Habibiepun mengembalikannya dan meletakkannya dimeja kerja sumohadi. Merasa tak ditanggapi habiebie Sumohadi datang dengan satu koper uang tunai yang dimasukkan dalam amplop warna coklat, tapi tetap ditolak habibie.
Kemudian Sumohadi mengirimkan proposal kepada habibie lewat seorang wanita muda. wanita muda itu sempat membuka bajunya didepan habibie yang tengah serius membaca proposal yang dibawanya. Hal itu terlihat oleh ajudan dan membawa wanita itu keluar. Habibie sangat marah kepada Sumohadi. Sumohadi berkilah itu hanya candaan, namun habibie tidak terima dan mengusir Sumohadi dari ruang kerjanya.
Tak terima dengan Habibie, Sumohadi menyimpan dendam dan berusaha menjatuhkan habibie dari posisi menteri dengan membuat pernyataan habibie telah melakukan tindakan diluar kepatutan, namun fitnah itu tidak menjatuhkan habibie.
Ketika Habibie didaulat menjadi presiden, sumohadi berusaha menjatuhkannya dengan memberi pernyataan-pernyataan negatif kepada media. Diantaranya menuduh habibie melakukan korupsi yang melibatkan keluarga cendana. Upaya fitnah Sumohadi berhasil dengan ditolaknya laporan pertanggungjawaban Habibie oleh DPR.
Nah, sosok Sumohadi ini tentu ada dalam dunia nyata, karena film ini diangkat dari kisah nyata biografi Mantan Presiden Habibie. Lalu siapakah dia? Apakah Habibie akan menyampaikannya ke publik terang-terangan. Sepertinya Habibie tidak akan melakukan itu karena beliau sudah tidak ingin lagi masuk kedalam pusaran kepentingan perpolitikan nasional yang sangat kejam tersebut.
Namun lewat film tersebut Habibie menyampaikan pesan bahwa dunia lingkaran kekuasaan itu sangat kejam dan busuk. Penuh dengan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme. Orang baik dan lurus-lurus saja akan susah bertahan. Karena itulah, jika kita sudah dianugerahi pemimpin yang amanah maka seluruh rakyat harus menjadi pembelanya. Tidak ada kekuatan yang dapat mengalahkan kekuatan rakyat.
Anda mau berkomentar siapa kira-kira Sumohadi dengan ciri khas berkacamata bulat tersebut?
Si Misterius “Sumohadi” dalam Film Habibie & Ainun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar